You are here:

BURUH TOLAK RANCANGAN INPRES PEMBATASAN UMK

PDFCetakEmail

 

SOREANGSPN (MaI.com) - Lebih dari 5.000 buruh yang tergabung Dewan Pimpinan Cabang Serikat Pekerja Nasional (DPC SPN) Kab. Bandung  melakukan aksi unjuk rasa ke Pemkab Bandung, Rabu (18/9). Mereka menolak pengesahan rancangan inpres pedoman penetapan upah minimum terkait pembatasan kenaikan upah minimum antara 5-10 persen.

Aksi akan dilanjutkan ke Pemprov Jabar Jabar dan pusat. Mereka pun akan mendatangani Gedung DPR RI dan Istana Negara di Jakarta. Diharapkan berharap Pemkab Bandung mengeluarkan reko­men­dasi penolakan atau pembatalan rancangan inpres tersebut. Aksi serupa akan dilakukan serikat pekerja lainnya di kota dan kabupaten di Jabar, Ka­mis (19/9).

Ketua DPC SPN Kab. Bandung, Ade Suryatna didampingi wakilnya, Ade Sumarno menegaskan, jika inpres ditetapkan nasib para buruh terancam sema­kin terpuruk. "Apalagi jika berlaku secara nasional," kata Suryatna kepada MaI.com, Selasa (17/9).

Selain pembatasan kenaikan upah minimum, sur­vei kebutuhan hidup layak (KHL) di lapangan pun akan dilaksanakan Badan Pusat Statistik (BPS). Termasuk penetapan UMK, akan ditinjau setiap dua ta­hun sekali.

Hal itu dinilai para buruh bertentangan dengan UU No. 13/2013 tentang Ketenagakerjaan karena terjadi tumpang tindih. Aturan saat ini, peninjauan dan penetapan UMK dilakukan dewan pengupahan dan pemerintah kabupaten/kota setiap satu tahun sekali.

Pengesahan inpres juga berimbas pada pengebirian dewan pengupahan. "Berdasarkan informasi di lapangan, rancangan inpres tersebut akan disahkan pada Oktober mendatang. Sebelum disahkan, para buruh akan terus menolak melalui unjuk rasa," katanya.

Pengesahan inpres juga dikhawatirkan akan menjadi dasar hukum penetapan UMK 2014. Untuk itu, para buruh akan berusaha untuk menolaknya.

Pihaknya menduga rancangan inpres itu titipan dari kaum kapitalis. "Kita khawatir dalam pembuatan rancangan inpres itu ada main mata antara pihak tertentu dengan pemerintah. Untuk itu, Kemen­terian Tenaga Kerja dan Transmigrasi harus meng­ambil sikap dan menunjukkan keberpihaknya kepada kaum buruh," katanya.

Ade menegaskan, pemerintah harus menyadari kondisi para buruh dengan banyaknya persoalan hubungan industrial. Sementara mereka bagian dari pembangunan nasional. (Red)

Info Olahraga

GELORA BANDUNG LAUTAN API BANDUNG (MaI) Vladimir Vujovic,...
Baca selengkapnya...
PEMBATASAN UJI COBA SEA GAMES YOGYAKARTA (MaI.com) Kemenpora...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Entertainment

SATU NASYID, PERSEMBAHAN PERTAMA BANDUNG (MaI.com) 22 Maret 2004...
Baca selengkapnya...
JIKA BINTANG K-POP JADI TENTARA SEOUL (MaI.com) Semua pria dewasa...
Baca selengkapnya...
DHANI DAMPINGI DUL DIPERIKSA JAKARTA (Kapanlagi.com/MaI.com)...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Seks & Kesehatan

PENTINGNYA AURANSI KESEHATAN Asuransi merupakan upaya memindahkan...
Baca selengkapnya...
MA-MIN YANG TURUNKAN KOLESTEROL Kolesterol dapat dikategorikan...
Baca selengkapnya...
SEBELAS BAHAYA MEMAKAI CELANA KETAT Saat ini pakaian ketat sudah...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com